Terbaru Review Mini PC Desktop: Intel NUC NUC5i3RYH 2017

Review Mini PC Desktop: Intel NUC NUC5i3RYH - JAGATREVIEW.COM

(sumeber dan artikel lengkap bisa di baca di : http://www.jagatreview.com/2015/09/review-mini-pc-desktop-intel-nuc-nuc5i3ryh/)
 
Teknologi generasi terbaru memang memungkinkan sebuah PC desktop hadir dalam ukuran mungil. Bahkan sebuah PC desktop dapat memiliki ukuran sebesar USB modem seperti kita jumpai pada Intel Compute Stick. Dari sektor performa, adakalanya sebuah mini PC desktop mampu menawarkan performa setara dengan PC desktop konvensional dengan ukuran lebih besar. Akan tetapi, sebuah mini PC desktop dapat pula dirancang untuk memiliki performa mencukupi untuk menangani kegiatan komputasi harian pengguna dengan beban kerja tidak terlampau berat. Menariknya, untuk mewujudkan produk mini PC desktop tipe kedua tersebut, produsen dapat menggunakan komponen hemat daya dengan performa mencukupi sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan penggunaan daya listrik dan temperatur serendah mungkin. Menarik bukan?!
Intel NUC5i3RYH Front
Beberapa waktu lalu kami menyempatkan diri untuk mengulas produk mini PC desktop besutan Intel yaitu NUC (Next Unit of Computing) berbasiskan prosesor Core i 5th Generation dengan arsitektur CPU Broadwell, Intel NUC NUC5i5RYH. Ditenagai prosesor hemat daya dari Intel yaitu Core i5 5250U, tentu tidak aneh jika mini PC desktop tersebut tetap mampu mengerahkan kemampuan terbaiknya dengan penggunaan daya listrik dan temperatur tergolong rendah. Menariknya, produk tersebut memiliki varian lain dengan prosesor Core i3 Broadwell sehingga memiliki harga jual lebih murah tanpa sedikitpun pengurangan dari segi fitur bawaan. Ingin tahu lebih jauh mengenai kemampuan dan fitur di dalam Intel NUC NUC5i3RYH? Berikut ulasan lengkapnya.

Spesifikasi Intel NUC NUC5i3RYH

ProcessorIntel Core i3 5010U (Base 2,1 GHz)
MotherboardIntel Broadwell-U Chipset-based
MemorySupport Up to 16 GB 1333/1600 MHz SO-DIMM DDR3-L (1,35 V)
GraphicsIGP: Intel HD Graphics 5500
StorageSupport M.2 & 2,5 inch SATA
Wireless802.11a/b/g/n/ac (Intel Wireless-AC 7265) & Bluetooth V4.0
USB 2.0/1.10
USB 3.0/2.02 (Front) + 2 (Rear)
eSATA/USB Combo0
Display Port1 (Mini-type Connector)
HDMI1
DVI0
D-Sub0
Ethernet/RJ-451
Audio In/OutHeadphone & Microphone Combo Jack
Optical Drive0
Operating System SupportUp to Windows 10 & Linux
Dimensions (mm)115 x 111 x 48.7 (Width x Depth x Height)
 Intel NUC5i3RYH CPUZ 01
Otak cerdas di balik Intel NUC NUC5i3RYH adalah prosesor Intel Core i3 generasi lima berbasiskan arsitektur CPU Broadwell dan dibangun menggunakan proses fabrikasi 14 nm. Untuk model CPU, mini PC desktop tersebut menggunakan prosesor Intel Core i3 5010U. Prosesor Intel kelas hemat daya (ULV � Ultra Low Voltage) tersebut merupakan tipe dual-core dan dilengkapi teknologi Hyper-Threading sehingga mampu mengerjakan empat proses komputasi sekaligus dalam sekali jalan. Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 2,1 GHz tetapi tidak dilengkapi teknologi Turbo Boost 2.0.
Intel NUC5i3RYH CPUZ 02
Motherboard yang digunakan pada Intel NUC NUC5i3RYH.
Intel NUC5i3RYH CPUZ 03
Kingston HyperX Impact SO-DIMM
Kingston HyperX Impact DDR3-L SO-DIMM (2X 8 GB | 1600 MHz)
Pengujian Intel NUC NUC5i3RYH menggunakan memori/RAM Kingston HyperX Impact tipe DDR3-L (1,35 Volt) dengan kecepatan 1600 MHz dan kapasitas 16 GB pada konfigurasi dual channel.
Kingston SM2280S3_120G
Kingston SM2280S3/120G
Intel NUC NUC5i3RYH juga kami uji dengan menggunakan Kingston SM2280S3/120G, SSD dengan konektor tipe M.2 dan memiliki kapasitas 120 GB. Terima kasih kepada pihak Kingston Indonesia atas peminjaman unit tersebut.
Intel NUC5i3RYH GPUZ
Prosesor Core i3 5010U dilengkapi graphics card terintegrasi Intel HD Graphics 5500 berbasiskan Processor Graphics Gen 8. Graphics card tersebut dilengkapi 24 EU (execution Units) dan bekerja pada base clock speed 300 MHz dengan nilai maksimal turbo boost clock speed 900 MHz.

The Desktop

Intel NUC5i3RYH Top View
Penampilan Intel NUC NUC5i3RYH ternyata sangat mirip sekali dengan produk NUC5i3RYH dimana pernah kami sajikan ulasannya di artikel terdahulu. Tampaknya dua produk mini PC desktop tersebut hanya dibedakan pada penggunaan tipe prosesor. Intel NUC NUC5i3RYH sendiri memiliki ukuran bodi sebesar 115 x 111 x 48.7 mm atau kurang lebih sebesar telapak tangan orang dewasa. Pada sisi atas Intel NUC NUC5i3RYH menggunakan komponen plastik dengan permukaan mengilap dengan tombol power on/off dan lampu indikator untuk menandakan aktivitas komponen storage.
Intel NUC5i3RYH Lid
Sisi atas Intel NUC NUC5i3RYH merupakan lempengan plastik mengilap yang dapat dilepas. Pengguna dapat melakukan kostumisasi atau penggantian lempengan plastik tersebut dengan desain yang disukai. Intel bahkan menyediakan template agar pengguna dapat merubah desain lempengan plastik tersebut dan mencetaknya pada 3D-printerTemplate tersebut dapat ditemukan pada halaman ini.
Intel NUC5i3RYH Front Side
Beralih pada sisi konektivitas, pada sisi depan Intel NUC NUC5i3RYH dapat ditemukan dua port USB 3.0 dan headphone microphone combo jack. Untuk port USB dengan warna kuning tampaknya dirancang mampu mengalirkan arus listrik lebih besar sehingga cocok untuk melakukan pengisian daya untuk perangkat seperti smartphone dan tablet.
Intel NUC5i3RYH Rear Side
Sementara itu saat menengok pada sisi belakang dapat ditemukan satu port untuk memasang komponen power adapter, mini Display Port 1.2, satu port Ethernet/LAN (RJ-45), dua port USB 3.0, dan mini HDMI 1.4a. Konektor display tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat display dengan resolusi Ultra HD/4K (3840�2160 piksel) dengan tingkat refresh rate 60 Hz untuk mini DP dan 30 Hz untuk mini HDMI. Terdapat pula lubang ventilasi tempat pembuangan udara panas dari dalam sistem.
Sedangkan saat menengok pada sisi kanan dan kiri, dapat ditemukan lubang ventilasi tempat udara segar masuk ke dalam sistem. Dapat ditemukan pula kensington security slot pada sisi kanan.
Intel NUC5i3RYH Bottom Side
Untuk mengakses komponen di dalam Intel NUC NUC5i3RYH dapat dilakukan dengan membuka empat baut yang mengunci penutup logam pada sisi bawah.
Intel NUC5i3RYH Cover Open
Kondisi Intel NUC NUC5i3RYH saat penutup pada sisi bawah dilepaskan.
Komponen penutup pada sisi bawah Intel NUC NUC5i3RYH memiliki fungsi lain sebagai tempat meletakkan komponen storage HDD atau SSD ukuran 2,5 inci dengan konektor SATA. Tidak sampai disitu saja, komponen tersebut juga berfungsi sebagai sistem pendingin pasif untuk komponen storage SSD dengan konektor M.2. Hal tersebut dapat terlihat dengan disertakannya komponen thermal pad pada salah satu sisinya.
Intel NUC NUC5i3RYH menggunakan motherboard faktor bentuk UCFF dengan ukuran 101,6 X 101,6 mm.
Untuk mendinginkan prosesor Core i3 5010U, Intel NUC NUC5i3RYH menggunakan sistem pendingin dengan kipas tipe blower. Kipas tersebut juga membantu membuang udara panas dari dalam casing keluar.
Intel NUC5i3RYH Memory Slots & SATA Port
Intel NUC NUC5i3RYH menyediakan dua slot memori DDR3-L tipe SO-DIMM. Mini PC desktop tersebut hanya dapat menerima memori dengan tegangan 1,35 Volt. Terdapat pula satu buah port SATA III 6 Gbps untuk mengakomodir komponen storage dengan ukuran 2,5 inci.
Intel NUC5i3RYH M.2 Slot & Wireless Module
Solusi wireless Intel NUC NUC5i3RYH menggunakan chip Intel Dual Band Wireless-AC 7265 yang ditanam langsung pada PCB motherboard. Intel NUC NUC5i3RYH sendirri menyediakan konektivitas Wi-Fi ac/b/g/n dan Bluetooth V4.0 berkat penggunaan chip wireless tersebut. Tidak jauh dari chip tersebut terdapat konektor M.2 untuk mengakomodir perangkat SSD (Solid State Drive).
Intel NUC5i3RYH Wireless Antenna
Casing Intel NUC NUC5i3RYH memiliki fungsi ganda sebagai antena Wi-Fi dan Bluetooth.
Intel NUC5i3RYH Power Adapter
Perangkat catu daya Intel NUC NUC5i3RYH memiliki kemampuan menyalurkan listrik hingga mencapai 65 Watt. Menariknya komponen suplai daya listrik tersebut memiliki bentuk mirip seperti charger smartphone/tablet dengan bentuk ringkas dan bobot ringan.
Intel NUC5i3RYH VESA Mount
Intel NUC NUC5i3RYH Mounted On Monitor
Komponen VESA-mount untuk memasang unit  Intel NUC NUC5i3RYH dibelakang monitor.

Hasil Pengujian

System Benchmark

PCMark 7

Intel NUC5i3RYH PCMark 7 Round Up
Intel NUC5i3RYH PCMark 7
PCMark 7 Creativity berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan viewing, editing, transcoding, dan storing file foto dan video.
PCMark 7 Entertainment berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan recording, viewing, streaming, dan transcoding acara televisi beserta film. Performa sistem dalam melakukan importing, organizing, dan browsing file musik beserta bermain game juga diuji disini.
PCMark 7 Productivity berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan loading halaman werbsite dan menjalankan aplikasi office kelas rumahan.
PCMark 7 Computation berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa komputasi CPU dan GPU.
PCMark7 Storage berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa komponen storage pada sebuah sistem.

PCMark 8


Intel NUC5i3RYH PCMark 8 Home
PCMark 8 Home berisi sekumpulan beban pengujian dimana beban pengujian tersebut menggambarkan aktivitas pengguna pada umumnya pada sistem rumahan mereka. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing, Writing, Casual Gaming, Photo Editing, dan Video Chat.
Intel NUC5i3RYH PCMark 8 Creative
PCMark 8 Creative berisi sekumpulan beban pengujian dimana beban pengujian tersebut menggambarkan aktivitas pengguna tingkat lanjut pada sistem rumahan mereka. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing, Photo Editing, Batch Photo Editing, Video Editing, Media To Go, Mainstream Gaming, dan Video Group Chat. Pengujian ini memiliki beban lebih berat dibandingkan PCMark 8 Home.
Intel NUC5i3RYH PCMark 8 Work
PCMark 8 Work berisi sekumpulan beban pengujian dimana beban pengujian tersebut menggambarkan aktivitas pengguna di lingkungan perkantoran. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing dan Writing.
Intel NUC5i3RYH PCMark 8 Storage
PCMark 8 Storage berisi sekumpulan beban pengujian untuk mengukur performa komponen storage seperti HDD, SSD, dan Hybrid Drive. Pengujian ini akan menguji performa storage pada aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Adobe Photoshop, Adobe After Effects, World of Warcraft, & Battlefield 3.

Cinebench

CINEBENCH R15 SS
Cinebench merupakan aplikasi pengujian yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan prosesor atau graphics card saat melakukan render sebuah objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk skor. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin baik.
Intel NUC5i3RYH Cinebench R115 01
Intel NUC5i3RYH Cinebench R115 02
Intel NUC5i3RYH Cinebench R15 01
Intel NUC5i3RYH Cinebench R15 02

Handbrake

Handbrake
Handbrake merupakan salah satu aplikasi transcoding video gratis yang cukup popular. Aplikasi tersebut mampu memanfaatkan sejumlah thread prosesor dan sangat menyukai prosesor dengan clock speed tinggi. Oleh karena itu aplikasi tersebut sangat ideal untuk menguji �kekuatan� sebuah prosesor. Hasil pengujian disajikan dalam average frame per second alias jumlah frame yang dapat dikonversi/diolah prosesor setiap detiknya.
Intel NUC5i3RYH Handbrake 01
Intel NUC5i3RYH Handbrake 02
Video Source: 3840 x 1714 pixels (H.264; Bitrate 73,244 Mb/s; Total Frame 17616)
Video Output: 1920 x 1080 pixels (H.264; Handbrake Normal Preset)


Temperature & Power

Suhu

Intel NUC5i3RYH CPU Temp

Konsumsi Daya

Intel NUC5i3RYH Power
Note: Total system power consumption (In Watts)

Video Playback

Salah satu skenario penggunaan Intel NUC NUC5i3RYH adalah sebagai HTPC (Home Theater PC). Menariknya saat dihadapkan dengan konten video 4K (3840 X 2160 piksel; 24 fps), mini PC desktop tersebut mampu menampilkan dengan sempurna tanpa gejala tersendat. Alhasil dengan kemampuan seperti itu, konten video Full HD (1920 X 1080 piksel; 24 fps) juga mampu ditampilkan sama sempurnanya. Menariknya dengan mengaktifkan fitur Intel Quick Sync, utilisasi CPU dapat dikurangi dari 69% menjadi hanya sebesar 26% saat memutar konten video 4K. Sementara itu saat memutar konten video Full HD, utilisasi CPU dapat dikurangi dari 23% menjadi hanya sebesar 13% saat Intel Quick Sync aktif.

Kesimpulan

Serupa tetapi tidak sama, tampaknya hal itulah yang kami jumpai pada produk Intel NUC NUC5i3RYH. Dari segi fitur, Intel NUC NUC5i3RYH memang sangat mirip sekali dengan produk NUC NUC5i5RYH. Seperti tersedianya empat port USB 3.0 dengan satu port dikhususkan untuk melakukan pengisian daya, dua konektor display (mini DP & mini HDMI), Wi-Fi ac/b/g/n, Bluetooth V4.0, Gigabit Ethernet/LAN, dan headphone microphone combo jack. Tidak hanya itu, keduanya juga memiliki satu slot M.2, dua slot memori, dan juga satu konektor SATA III 6Gbps untuk mengakomodir perangkat storage 2,5 inci.
Performa Core i3 5010U pada Intel NUC NUC5i3RYH memang tidak akan sekencang Core i5 5250U pada produk NUC NUC5i3RYH. Akan tetapi, Core i3 5010U tetap mampu diandalkan untuk menjalankan aplikasi harian kelas ringan hingga menengah seperti membuat dokumen/presentasi, menonton video, menjelajah dunia maya, melakukan editing gambar/video ringan, atau memainkan game 3D ringan. Bahkan kemampuan seperti itu mampu ditawarkan dengan penggunaan daya listrik sangat rendah. Sementara itu fitur Quick Sync yang ditanam pada Intel HD Graphics 5500 juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses transcoding video dari satu format ke format lainnya beberapa kali lipat lebih cepat daripada hanya memanfaatkan tenaga dari unit CPU saja. Tentu saja fitur tersebut dapat pula digunakan untuk mengurangi beban kerja prosesor pada saat menjalankan video sehingga prosesor dapat mengerjakan tugas penting lainnya.
Intel NUC5i3RYH Lid Off
Intel NUC NUC5i3RYH seharusnya dijual sebagai barebone system, tanpa menyertakan komponen memori/RAM dan storage. Hal ini memang menguntungkan mengingat pengguna memiliki kuasa penuh pada komponen apa yang mereka sukai. Untuk komponen memori/RAM mutlak menggunakan tipe DDR3-L (1,35 Volt) bukan DDR3 normal (1,5 Volt). Untuk performa maksimal gunakan dua keping memori/RAM pada konfigurasi dual channel dengan kecepatan 1600 MHz. Sedangkan kapasitas memori/RAM dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tetapi kami sarankan untuk tidak menyentuh di bawah 4 GB. Daya tarik justru terlihat pada dukungan komponen storage dimana Intel NUC NUC5i3RYH menyediakan dua tipe konektivitas yaitu SATA dan M.2. Komposisi komponen storage dapat menggunakan salah satu di antara SSD M.2, HDD SATA, atau SSD SATA dan dapat pula menggunakan kombinasi SSD M.2 + HDD SATA atau SSD M.2 + SSD SATA. Kombinasi SSD M.2 + HDD SATA sangat cocok jika ingin mendapatkan performa maksimal sambil tetap mempertahankan kebutuhan akan kapasitas storage besar.
Intel NUC5i3RYH Internal Components
Dengan kemampuan seperti itu, Intel NUC NUC5i3RYH memiliki skenario penggunaan luas. Intel NUC NUC5i3RYH dapat digunakan di lingkungan kantor ataupun rumah sebagai perangkat komputasi yang dapat di andalkan untuk menangani kegiatan harian pengguna pada umumnya. Tempatkan pula di ruang keluarga dan Intel NUC NUC5i3RYH akan membuat televisi standar menjad pusat hiburan yang jauh lebih pintar daripada sebuah smart tv. Intel NUC NUC5i3RYH juga dapat digunakan pada digital signage, KIOSK, dan masih banyak lagi.


(sumeber dan artikel lengkap bisa di baca di : http://www.jagatreview.com/2015/09/review-mini-pc-desktop-intel-nuc-nuc5i3ryh/)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »