Terbaru Review ADATA DashDrive Durable HD650: HDD Eksternal USB 3.0 Tahan Benturan 2017

Review ADATA DashDrive Durable HD650: HDD Eksternal USB 3.0 Tahan Benturan - JAGATREVIEW.COM

 (sumber dan artikel lengkap bisa di baca di : http://www.jagatreview.com/2014/09/review-adata-dashdrive-durable-hd650-hdd-eksternal-usb-3-0-tahan-benturan/)
ADATA DashDrive HD650
Di masa sekarang ini, kebutuhan akan sebuah media penyimpanan data eksternal semakin tinggi. Pengguna pun semakin teliti dalam memilih mana yang sesuai kebutuhan mereka. Salah satu faktor yang selalu menjadi perhatian adalah keamanan data yang terdapat di media penyimpanan data eksternal tersebut.
Untuk mewujudkan hal itu, berbagai produsen kerap menawarkan hard disk eksternal dengan sistem proteksi pada body-nya. Salah satunya adalah ADATA. Produsen yang telah dikenal lewat produk-produknya di ranah storage tersebut memiliki sebuah hard disk eksternal yang diberinama DashDrive Durable HD650.
ADATA DashDrive HD650 2
Sekilas, hard disk dengan casing anti-gores yang telah hadir di meja pengujian JagatReview ini nampak tebal. Hal ini dikarenakan body-nya yang menggunakan triple-layer construction dilapisi dengan material silicon yang berfungsi untuk menjaga DashDrive Durable HD650 dari benturan.  Dengan begitu, ADATA mengklaim data pengguna akan lebih aman. Di bagian bawah, pengguna akan menemukan lampu LED berwarna biru yang berfungsi sebagai indikator power dan transfer data.
ADATA DashDrive HD650 3
Soal performa, ADATA telah membenamkan interface USB 3.0 agar proses Read dan Write menjadi lebih cepat. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana pengujian performa dari ADATA DashDrive Durable HD650? Sebelum itu, kita simak dulu paket penjualan dan platform pengujian yang kami gunakan.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak depan
Box tampak belakang
Box tampak belakang
ADATA DashDrive HD650 6
Kabel USB 3.0



Pengujian

Pada pengujian kali ini kami memasukkan hasil benchmark dari sebuah hard disk eksternal dengan interface USB 3.0 lainnya sebagai pembanding. Hal itu dilakukan agar pembaca bisa membandingkan performanya.

CrystalDisk Mark

image005
image002
Pada pengujian dengan CrystalDisk Mark, terbukti ADATA DashDrive HD650 mampu memberikan kecepatan yang lebih baik dibanding hard disk eksternal USB 3.0 lainnya.

Tes Transfer File 6GB

image001
Tes ini dilakukan untuk menunjukkan bagaimana performa sebuah hard disk secara real-life. Saat melakukan trasnfer file sebesar 6GB, lagi-lagi terbukti  ADATA DashDrive HD650 tampil sangat baik.

Kesimpulan

Sebagai sebuah hard disk eksternal yang masuk kategori durable, HD650 memang menawarkan paket yang komplit. Tidak hanya soal performa, body-nya yang dilapisi dengan silicon diklaim mampu melindungi hard disk dari benturan. Dengan begitu, tentunya pengguna akan memiliki rasa aman saat membawa ADATA DashDrive Durable HD650 selagi bepergian.
Keberadaan interface USB 3.0 menjadi nilai plus tersendiri yang saat ini semakin dibutuhkan oleh para pengguna. Dari beberapa pengujian yang kami lakukan, terbukti ADATA DashDrive Durable HD650 mampu menampilkan kecepatan Read dan Write yang tinggi. Jika dibandingkan dengan hard disk eksternal USB 3.0 lainnya, performa ADATA DashDrive Durable HD650 tidak kalah dan bahkan di beberapa kasus justru lebih baik.
ADATA DashDrive HD650 sangat cocok bagi pengguna yang aktif dan membutuhkan sebuah media penyimpanan data eksternal yang tidak hanya mengedepankan kecepatan, namun perlindungan lebih agar perangkat tersebut dan data di dalamnya tidak mudah rusak. Meski begitu, kelebihannya dalam fitur proteksi memang membuat harga dari HD650 (500GB) lebih tinggi dibanding hard disk eksternal USB 3.0 kebanyakan. Selain model 500GB Scarlet Red seharga Rp 750 ribu yang kami uji, ADATA DashDrive Durable HD650 juga tersedia dalam kapasitas 1TB serta pilihan warna lainnya yaitu Sleek Black.

Kelebihan:

+ Lapisan silicon untuk meredam benturan
+ Casing anti gores
+ USB 3.0
+ Performa bagus

Kekurangan:

� Lapisan silicon membuat body lebih tebal


 (sumber dan artikel lengkap bisa di baca di : http://www.jagatreview.com/2014/09/review-adata-dashdrive-durable-hd650-hdd-eksternal-usb-3-0-tahan-benturan/) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »